ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI,
OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
FASE E (KELAS X)
SMK NEGERI 1 SEMARANG
RASIONAL |
|||||||
Rasional Alur Tujuan Pembelajaran adalah rangkaian tujuan yang disusun secara logis menurut ururtan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dilaksanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan, model, strategi, metode, gaya, dan teknik sesuai dengan karakteristik tugas gerak, peserta didik, dan lingkungan belajar. Semua itu diarahkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh ranah (keterampilan, pengetahuan, dan sikap) setiap peserta didik dengan menekankan pada kualitas kebugaran jasmani dan pembendaharaan gerak. Alur Tujuan Pembelajaran disusun berdasarkan metode pengurutan dari konten paling mudah ke konten paling sulit. Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran dilakukan berdasarkan pengalaman peserta didik pada fase E. |
|||||||
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
|||||||
Pada akhir fase E ini, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan berbagai aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil evaluasi pengetahuan yang benar, mengevaluasi dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physical fittness related health) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (physical fittness related skills), menunjukkan perilaku dalam memimpin kelompok kecil untuk melakukan perubahan positif, selain itu juga dapat mengevaluasi sikap dan kebiasaan sebagai individu yang sehat dan aktif. |
|||||||
|
|||||||
ELEMEN KETERAMPILAN GERAK |
|||||||
Pada akhir fase ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan hasil evaluasi aktivitas jasmani dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan aktivitas permainan dan aktivitas olahraga air (kondisional) secara matang. |
|||||||
SUB ELEMEN KETERAMPILAN GERAK |
|||||||
Mempraktikkan hasil evaluasi permainan sebenarnya dengan menggunakan yang mengarah pada penguasaan keterampilan permainan (sederhana, invasi, net, lapangan) dan keterampilan olahraga (beladiri, atletik, tradisional). |
|||||||
Alur Tujuan Pembelajaran |
Kata frasa Kunci/Topik
konten dan Penjelasan Singkat |
Profil Pelajar Pancasila |
Prakiraan Jam |
Glosarium |
|||
1. Permainan dan
Olahraga Pilihan 1.1 Mempraktikkan keterampilan
gerak dalam berbagai
permainan invasi (*): |
Profil Pelajar
Pancasila yang dikembangkan dalam dalam Fase ini adalah dimensi Mandiri dan
Gotong Royong. |
9 – 27 JP |
Profil Pelajar
Pancasila: Tujuan besar (atau bahkan misi)
yang ingin diwujudkan melalui sistem pendidikan. Profil lulusan, dalam konteks ini adalah Profil
Pelajar Pancasila, merupakan jawaban dari pertanyaan penting: “Karakter serta kemampuan esensial
apa yang perlu dipelajari dan dikembangkan terus-menerus oleh setiap individu
warga negara Indonesia, sejak pendidikan anak usia dini hingga mereka
menamatkan sekolah menengah atas?” Keterampilan
gerak: Gerakan-gerakan dasar dalam
olahraga yang dilakukan dengan satu teknik, kemudian gerakan yang dilakukan secara efektif
dan efisien untuk dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Untuk menjadi
seorang olahragawan diperlukan keterampilan gerak yang baik agar dapat mencapai prestasi. Permainan Invasi/ Serangan (Invasion Games) adalah Permainan tim dimana skor diperoleh jika pemain
secara beregu mampu memanipulasi bola atau proyektil sejenis untuk dimasukkan
ke gawang lawan atau ke daerah tertentu lebih banyak dari lawan dan mampu mempertahankan daerah gawangnya
atau lapangannya dari kemasukan oleh lawan. |
||||
1.1.1 Permainan sepak bola:
menendang/mengoper, menghentikan, menggiring, menyundul, dan melempar
bola ke dalam. |
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak menendang/ mengoper, menghentikan, menggiring, dan menyundul bola permainan sepak bola dengan baik. |
||||||
1.1.2 Permainan bola basket:
melempar/mengoper, menangkap, menggiring, menembak, rebound, dan pivot. |
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan
gerak melempar/ mengoper, menangkap, menggiring, menembak, rebound, dan pivot permainan bola
basket dengan baik. |
||||||
1.1.3 Permainan bola tangan:
melempar/mengoper, menangkap, menggiring, menembak, rebound, dan pivot. |
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan
hasil evaluasi keterampilan gerak melempar/ mengoper, menangkap, menggiring,
menembak, rebound, dan pivot permainan
bola tangan dengan baik. |
||||||
1.2 Mempraktikkan keterampilan
gerak dalam berbagai
permainan net (*): |
9 – 27 JP |
Permainan Net (Net/ Wall Games): Permainan tim atau indvidu dimana skor didapat apabila mampu
memberikan bola atau proyektil sejenis jatuh pada lapangan lawan agar tidak
bisa dikembalikan dengan jalan melewatkan bola melalui net dengan tinggi
tertentu. Permainan ini mensyaratkan untuk memanipulasi bola atau proyektil
sejenis untuk ditempatkan pada lapangan kosong lawan yang menggunakan
kekuatan dan akurasi yang baik disamping harus mampu menjaga lapangannya
sendiri dari datangnya bola dari lawan. |
|||||
1.2.1
Permainan bola voli: passing
bawah, passing atas, servis bawah,
servis atas, smash, dan block/ bendungan. |
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan
hasil evaluasi keterampilan gerak passing
bawah, passing atas, servis bawah,
servis atas, smash, dan block/bendungan permainan bola voli
dengan baik. |
||||||
1.2.2 Permainan bulu tangkis: memegang
raket, posisi berdiri/stance,
gerakan kaki/footwork, servis
panjang, servis pendek, pukulan forehand,
pukulan backhand, dan pukulan smes. |
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak memegang raket, posisi berdiri/stance, gerakan kaki/ footwork, servis panjang, servis pendek, pukulan forehand, pukulan backhand, dan pukulan smes permainan bulu tangkis dengan baik. |
||||||
1.2.3 Permainan tenis meja:
memegang bet, posisi berdiri/stance,
gerakan kaki/ footwork, servis forehand, servis backhand, pukulan forehand,
pukulan backhand, dan smes. |
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak memegang bet, posisi berdiri/stance, gerakan kaki/ footwork, servis forehand, servis backhand, pukulan forehand, pukulan backhand, dan smes permainan tenis meja dengan baik. |
||||||
1.3
Mempraktikkan keterampilan gerak
dalam berbagai permainan lapangan (*): |
9 – 27 JP |
Permainan Lapangan (Striking/Ffielding Games): Permainan tim
yang cara mendapatkan skornya dengan cara memukul sebuah bola atau proyektil
sejenis untuk ditempatkan pada tempat tertentu atau agar tidak tertangkap
oleh pemain jaga, sehingga si pemukul dapat berlari menuju pada daerah aman atau bahkan mampu
melewati keliling ke beberapa daerah aman dan kembali ke tempat
semula. Permainan ini mensyaratkan kemampuan kecepatan reaksi memukul bola
yang bergerak dari pelempar untuk dipukul dalam. |
|||||
1.3.1 Permainan rounders:
melempar/mengoper bola, menangkap, memukul bola, berlari ke tiang
hinggap, dan mematikan lawan. |
Pada akhir fase ini peserta didik dapat
menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak
melempar/ mengoper bola, menangkap, memukul bola, berlari ke tiang hinggap,
dan mematikan lawan permainan rounders dengan baik. |
||||||
1.3.2 Permainan sofbol: melempar/mengoper bola, menangkap, memukul bola, berlari ke base, dan mematikan lawan. |
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan
hasil evaluasi keterampilan gerak melempar/ mengoper bola, menangkap, memukul
bola, berlari ke base, dan
mematikan lawan permainan sofbol dengan baik. |
||||||
1.3.3 Permainan basebol: melempar/mengoper
bola, menangkap, memukul
bola, berlari ke base, dan
mematikan lawan. |
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan
mempraktikkan hasil evaluasi
ketrerampilan gerak melempar/mengoper
bola, menangkap, memukul
bola, berlari dengan baik. |
||||||
|
|
||||||
1.4 Mempraktikkan keterampilan
gerak dalam berbagai
olahraga beladiri (**): |
9 – 12 JP |
|
|||||
1.4.1 Pencak silat:
kuda-kuda, pola langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, elakan, dan hindaran.
|
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak kuda-kuda, pola langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, elakan, dan hindaran pencak silat dengan baik.. |
||||||
1.4.2 Karate: kuda-kuda,
pukulan, tendangan, tangkisan, kihon, kata, dan komite. |
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak kuda-kuda, pukulan, tendangan, tangkisan, kihon, kata, dan komite karate dengan baik. |
||||||
1.4.3 Taekwondo:
kuda-kuda, pukulan, tendangan, tangkisan, dan sabetan. |
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil
evaluasi keterampilan gerak kuda-kuda, pukulan, tendangan, tangkisan, dan
sabetan taekwondo dengan baik.
|
||||||
1.5 Mempraktikkan keterampilan
gerak dalam berbagai
olahraga atletik (*): |
6 – 24 JP |
|
|||||
1.5. Jalan cepat: start, gerakan jalan cepat, dan memasuk garis finis. |
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak start, gerakan jalan cepat, dan memasuki garis finis jalan cepat dengan baik. |
||||||
1.5.2 Lari jarak pendek: start, gerakan lari jarak pendek, dan
memasuki garis finis. |
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak start, gerakan lari jarak pendek, dan memasuki garis finis lari jarak pendek dengan baik. |
||||||
1.5.3 Lompat jauh:
awalan, tolakan/tumpuan, melayang di udara, dan mendarat. |
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak awalan, tolakan/ tumpuan, melayang di udara, dan mendarat lompat jauh dengan baik. |
||||||
1.5.4 Tolak peluru:
memegang peluru, awalan, menolak peluru, dan gerak lanjutan tolak peluru. |
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak memegang peluru, awalan, menolak peluru, dan gerak lanjutan tolak peluru tolak peluru dengan baik. |
||||||
1.6 Mempraktikkan keterampilan
gerak dalam berbagai
olahraga tradisional (**): |
9 – 12 JP |
|
|||||
1.6.1 Permainan sepak takraw:
menyepak/menendang, mengumpan, menyundul, melempar bola, dan smes. |
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak menyepak/ menendang, mengumpan, menyundul, melempar bola, dan smes permainan sepak takraw dengan baik. |
||||||
1.6.2 Permainan
tradisional anakanak Indonesia: permainan egrang, balap karung, mendorong
ban, bakiak atau sandal raksasa, dan lain-lain. |
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan
hasil evaluasi keterampilan gerak permainan egrang, balap karung, mendorong ban, bakiak atau sandal raksasa permainan tradisional anak-anak Indonesia dengan baik. |
||||||
1.7
Aktivitas Gerak Berirama ·
Mempraktikkan variasi dan
kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam
aktivitas gerak berirama. |
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/ dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama dengan baik. |
6 – 9 JP |
|
||||
1.8 Aktivitas Senam • Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar spesifik senam lantai. |
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan gerak berbagai keterampilan gerak keseimbangan, guling depan, guling belakang, dan guling lenting senam lantai dengan baik. |
6 – 9 JP |
|
||||
1.9 Aktivitas Permainan dan Olahraga Air (Pilihan) • Mempraktikkan keterampilan renang gaya dada menempuh jarak 25 meter, serta bentukbentuk keselamatan penyelamatan dan keselamatan di air dengan koordinasi yang baik. |
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan hasil evaluasi keterampilan
gerak keterampilan renang gaya dada menempuh jarak 25 meter, serta
bentuk-bentuk keselamatan penyelamatan dan keselamatan di air dengan
koordinasi yang baik. |
9 – 24
JP |
|
||||
ELEMEN PENGETAHUA N GERAK |
|||||||
Pada akhir fase ini peserta didik dapat mengevaluasi fakta, konsep, prinsip, dan prosedur dalam melakukan evaluasi aktivitas jasmani dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan aktivitas permainan dan aktivitas olahraga air (kondisional). |
|||||||
SUB ELEMEN PENGETAHUAN GERAK |
|||||||
Mengevaluasi permainan sebenarnya dengan menggunakan yang mengarah pada penguasaan ke terampilan permainan (sederhana, invasi, net, lapangan) dan keterampilan olahraga (beladiri, atletik, tradisional). |
|||||||
Alur Tujuan Pembelajaran |
Kata frasa Kunci/Topik
konten dan Penjelasan Singkat |
Profil Pelajar Pancasila |
Prakiraan Jam |
Glosarium |
|||
2. Permainan dan Olahraga Pilihan 2.1 Menganalisis keterampilan
gerak dalam berbagai
permainan invasi (*): |
Profil Pelajar
Pancasila yang dikembangkan dalam dalam Fase ini adalah dimensi Mandiri dan
Gotong Royong. |
9 – 27 JP |
Pengetahuan
gerak: cara untuk
mengembangkan ilmu pengetahuan agar bermanfaat bagi semua makhluk hidup. Selain itu keterampilan
ilmu pengetahuan tersebut berfungi untuk menyempurnakan atau memperbaiki serta mengembangkan
ilmu pengtahuan yang sudah diteliti maupun ditemukan sebelumnya. |
||||
2.1.1 Permainan sepak bola:
menendang/ mengoper, menghentikan, menggiring, menyundul, dan melempar
bola ke dalam. |
Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak menendang/ mengoper, menghentikan, menggiring, dan menyundul bola permainan sepak bola dengan baik. |
||||||
2.1.2 Permainan bola basket: melempar/mengoper,
menangkap, menggiring, menembak, rebound,
dan pivot. |
Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait
dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak melempar/mengoper, menangkap,
menggiring, menembak, rebound, dan
pivot permainan bola basket dengan baik. |
||||||
2.1.3 Permainan bola tangan:
melempar/mengoper, menangkap, menggiring, menembak, rebound, dan pivot. |
Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak melempar/mengoper, menangkap, menggiring, menembak, rebound, dan pivot permainan bola tangan dengan baik. |
||||||
2.2 Menganalisis keterampilan gerak dalam berbagai
permainan net (*): |
9 – 27 JP |
|
|||||
2.2.1 Permainan bola
voli: passing bawah, passing atas, servis bawah, servis
atas, smash, dan block/ bendungan. |
Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak passing bawah, passing atas, servis bawah, servis atas, smash, dan block/ bendungan permainan bola voli dengan baik. |
||||||
2.2.2 Permainan bulu tangkis:
memegang raket, posisi berdiri/stance,
gerakan kaki/footwork, servis
panjang, servis pendek, pukulan forehand,
pukulan backhand, dan pukulan smes. |
Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak spesifik memegang raket, posisi berdiri/stance, gerakan kaki/ footwork, servis panjang, servis pendek, pukulan forehand, pukulan backhand, dan pukulan smes permainan bulu tangkis dengan baik. |
||||||
2.2.3 Permainan tenis meja:
memegang bet, posisi berdiri/stance,
gerakan kaki/ footwork, servis forehand, servis backhand, pukulan forehand,
pukulan backhand, dan smes. |
Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak memegang bet, posisi berdiri/ stance, gerakan kaki/ foot-work, servis forehand, servis backhand, pukulan forehand, pukulan backhand, dan smes permainan tenis meja dengan baik. |
||||||
2.3 Menganalisis keterampilan gerak dalam
berbagai permainan lapangan (*): |
9 – 27 JP |
|
|||||
2.3.1 Permainan rounders: melempar/mengoper
bola, menangkap, memukul bola, berlari ke tiang hinggap, dan mematikan lawan.
|
Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak melempar/mengoper bola, menangkap, memukul bola, berlari ke tiang hinggap, dan mematikan lawan permainan rounders dengan baik. |
||||||
2.3.2 Permainan sofbol: melempar/mengoper bola, menangkap, memukul bola,
berlari ke base, dan
mematikan lawan |
Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak melempar/mengoper bola, menangkap, memukul bola, berlari ke base, dan mematikan lawan permainan sofbol dengan baik. |
||||||
2.3.3 Permainan basebol: melempar/mengoper
bola, menangkap, memukul
bola, berlari ke base, dan
mematikan lawan. |
Peserta didik dapat mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep dan
prosedur gerak melempar/mengoper
bola, menangkap, memukul
bola, berlari dengan baik. |
||||||
|
|
||||||
2.4 Menganalisis keterampilan gerak dalam
berbagai olahraga beladiri (**): |
9 – 12 JP |
|
|||||
2.4.1 Pencak silat:
kuda-kuda, pola langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, elakan, dan hindaran.
|
Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak kuda-kuda, pola langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, elakan, dan hindaran pencak silat dengan baik. |
||||||
2.4.2 Karate: kuda-kuda,
pukulan, tendangan, tangkisan, kihon, kata, dan komite. |
Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak kuda-kuda, pukulan, tendangan, tangkisan, kihon, kata, dan komite karate dengan baik. |
||||||
2.4.3 Taekwondo:
kuda-kuda, pukulan, tendangan, tangkisan, dan sabetan. |
Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait
dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak kuda-kuda, pukulan, tendangan,
tangkisan, dan sabetan taekwondo dengan baik. |
||||||
2.5 Menganalisis keterampilan gerak dalam
berbagai olahraga atletik (*): |
6 – 24 JP |
|
|||||
2.5.1 Jalan cepat: start, gerakan jalan cepat, dan
memasuki garis finis. |
Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak start, gerakan jalan cepat, dan memasuki garis finis jalan cepat dengan baik. |
||||||
2.5.2 Lari jarak pendek: start, gerakan lari jarak pendek, dan
memasuki garis finis. |
Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak start, gerakan lari jarak pendek, dan memasuki garis finis lari jarak pendek dengan baik. |
||||||
2.5.3 Lompat jauh: awalan,
tolakan/tumpuan, melayang di udara, dan mendarat. |
Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak awalan, tolakan/tumpuan, melayang di udara, dan mendarat lompat jauh dengan baik. |
||||||
2.5.4 Tolak peluru:
memegang peluru, awalan, menolak peluru, dan gerak lanjutan tolak peluru. |
Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak memegang peluru, awalan, menolak peluru, dan gerak lanjutan tolak peluru tolak peluru dengan baik. |
||||||
2.6 Menganalisis keterampilan gerak dalam
berbagai olahraga tradisional (**): |
9 – 12 JP |
|
|||||
2.6.1 Permainan sepak takraw:
menyepak/menendang, mengumpan, menyundul, melempar bola, dan smes. |
Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak menyepak/menendang, mengumpan, menyundul, melempar bola, dan smes permainan sepak takraw dengan baik. |
||||||
2.6.2 Permainan
tradisional anak-anak Indonesia: permainan egrang, balap karung, mendorong
ban, bakiak atau sandal raksasa, dan lain-lain. |
Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan fakta, konsep, dan prosedur gerak permainan egrang, balap karung, mendorong ban, bakiak atau sandal raksasa permainan tradisional anak-anak Indonesia dengan baik. |
||||||
2.7 Aktivitas Gerak Berirama Mengevaluasi hasil evalusi variasi dan kombinasi gerak berbentuk
rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan
musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama. |
Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait dengan hasil evaluasi variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan dalam aktivitas gerak berirama dengan baik.
|
6 – 9 JP |
|
||||
2.8 Aktivitas Senam ·
Mengevaluasi hasil evaluasi
berbagai keterampilan dasar spesifik senam lantai. |
Peserta didik mampu mengevaluasi gerak terkait
dengan hasil evaluasi mempraktikkan berbagai keterampilan gerak keseimbangan,
guling depan, guling belakang, dan guling lenting senam lantai dengan baik. |
6 – 9 JP |
|
||||
2.9 Aktivitas
Permainan dan Olahraga Air (Pilihan) ·
Mempraktikkan keterampilan renang
gaya dada menempuh
jarak 25 meter, serta bentuk-bentuk keselamatan
penyelamatan dan keselamatan di air dengan koordinasi yang
baik. |
Peserta didik dapat menunjukkan
kemampuan mempraktikkan keterampilan renang
gaya dada menempuh jarak 25 meter, serta bentuk-bentuk keselamatan penyelamatan
dan keselamatan di air dengan koordinasi yang
baik. |
9 – 24
JP |
|
||||
ELEMEN PEMANFAATAN GERAK |
|||||||
Pada akhir fase ini peserta didik dapat mengevaluasi fakta,konsep, prinsip, dan prosedur dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physicsl fittness related health) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (physical fittness related skills), berdasarkan prinsip latihan (Frequency, Intensity, Time, Type/FITT) untuk mendapatkan kebugaran dengan status baik. Peserta didik juga dapat menunjukkan kemampuan dalam menerapkan konsep dan prinsip pergaulan yang sehat. |
|||||||
SUB ELEMEN PEMANFAATAN GERAK |
|||||||
Mengevaluasi konsep dan mampu mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) serta pengukuran hasilnya, serta mempromosikannya melalui media yang sesuai. |
|||||||
Alur Tujuan Pembelajaran |
Kata frasa Kunci/Topik
konten dan Penjelasan Singkat |
Profil Pelajar Pancasila |
Prakiraan Jam |
Glosarium |
|||
3.1 Aktivitas jasmani dan aktivitas kebugaran untuk pemeliharaan dan peningkatan kesehatan: • Mengevaluasi konsep dan mampu mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) serta pengukuran hasilnya, serta mempromosikannya melalui media
yang sesuai. |
a. Peserta didik dapat mengevaluasi konsep latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) serta pengukuran hasilnya, serta mempromosikannya melalui media yang sesuai. b. Peserta didik dapat mempraktikkan latihan peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) serta pengukuran hasilnya, serta mempromosikannya melalui media yang sesuai |
Profil Pelajar
Pancasila yang dikembangkan dalam dalam Fase ini adalah dimensi Mandiri dan
Gotong Royong. |
3 – 6 JP |
Hasil
yang diperoleh dari aktivitas fisik
dan aktivitas kebugaran secara menyeluruh (total fitness) yang
memungkinkan seseorang mampu untuk menjalankan kehidupan yang produktif dan dapat menyesuaikan diri pada tiap
pembebanan fisik yang wajar. |
|||
3.2 Pola perilaku hidup sehat • Memahami dan mampu menerapkan konsep, prinsip, dan prosedur pola perilaku hidup
sehat. |
|
3 – 6 JP |
|||||
ELEMEN PENGEMBANGAN KARAKTER |
||
Pada akhir fase ini peserta didik mengembangkan tanggung jawab sosialnya dalam kelompok kecil untuk melakukan perubahan positif, menunjukkan etika yang baik, saling menghormati, dan mengambil bagian dalam kerja kelompok pada aktivitas jasmani atau kegiatan sosial lainnya. |
||
DIMENSI MANDIRI |
||
ELEMEN PEMAHAMAN DIRI DAN SITUASI YANG DIHADAPI |
||
Indikator Alur Perkembangan Fase E Di Akhir Fase E (Jenjang SMA/SMK, usia 16-18 tahun), Pelajar |
||
SUB ELEMEN |
INDIKATOR ELEMEN PENGEMBANGAN KARAKTER |
|
Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi |
Peserta didik mampu mengidentifikasi kekuatan dan tantangan-tantangan yang akan dihadapi pada konteks pembelajaran, sosial dan pekerjaan yang akan dipilihnya di masa depan. |
|
Mengembangkan refleksi diri |
Peserta didik dapat melakukan refleksi terhadap umpan balik dari teman, guru, dan orang dewasa lainnya, serta informasi-informasi karir yang akan dipilihnya untuk menganalisis karakteristik dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menunjang atau menghambat karirnya di masa depan.
|
|
ELEMEN REGULASI DIRI |
|
|
Regulasi emosi |
Peserta didik mampu mengendalikan dan menyesuaikan emosi yang dirasakannya secara tepat ketika menghadapi situasi yang menantang dan menekan pada konteks belajar, relasi, dan pekerjaan. |
|
Penetapan tujuan dan rencana strategis pengembangan diri |
Peserta didik mampu mengevaluasi efektivitas strategi pembelajaran digunakannya, serta menetapkan tujuan pengembangan diri secara spesifik dan merancang strategi yang sesuai untuk menghadapi tantangantantangan yang akan dihadapi pada konteks pembelajaran, |
|
|
sosial dan pekerjaan yang akan dipilihnya dimasa depan. |
|
Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri |
Peserta didik mampu menentukan prioritas pribadi, berinisiatif mencari dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang spesifik sesuai tujuan di masa depan. |
|
Mengembangkan disiplin diri |
Peserta didik dapat melakukan tindakan-tindakan secara konsisten guna mencapai tujuan karir dan pengembangan dirinya di masa depan, serta berusaha mencari dan melakukan alternatif tindakan lain yang dapat dilakukan ketika menemui hambatan. |
|
Percaya diri, resilien, dan adaptif |
Peserta didik dapat menyesuaikan dan mulai menjalankan rencana dan strategi pengembangan dirinya dengan mempertimbangkan minat dan tuntutan pada konteks belajar maupun pekerjaan yang akan dijalaninya di masa depan, serta berusaha untuk mengatasi tantangantantangan yang ditemui. |
|
|
DIMENSI GOTONG ROYONG |
|
|
ELEMEN KOLABORASI |
|
Kerja sama |
Peserta didik mampu membangun tim dan mengelola kerjasama untuk mencapai tujuan bersama sesuai dengan target yang sudah ditentukan. |
|
Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama |
Peserta didik dapat aktif menyimak untuk memahami dan menganalisis informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan keprihatinan yang disampaikan oleh orang lain dan kelompok menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif, serta menggunakan berbagai strategi komunikasi untuk menyelesaikan masalah guna mencapai berbagai tujuan bersama. |
|
Saling ketergantungan positif |
Peserta didik mampu menyelaraskan kapasitas kelompok agar para anggota kelompok dapat saling membantu satu sama lain memenuhi kebutuhan mereka baik secara individual maupun kolektif. |
|
Koordinasi sosial |
Peserta didik mampu menyelaraskan dan menjaga tindakan diri dan anggota kelompok agar sesuai antara satu dengan lainnya serta menerima konsekuensi tindakannya dalam rangka mencapai tujuan bersama. |
|
ELEMEN KEPEDULIAN |
|
|
Tanggap terhadap lingkungan sosial |
Peserta didik mampu tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk menghasilkan keadaan yang lebih baik. |
|
Persepsi sosial |
Peserta didik dapat melakukan tindakan yang
tepat agar orang lain merespon sesuai dengan yang diharapkan dalam rangka
penyelesaian pekerjaan dan pencapaian tujuan. |
|
ELEMEN BERBAGI |
|
|
|
Peserta didik mampu mengupayakan memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada orangorang yang membutuhkan di masyarakat yang lebih luas (negara, dunia). |
|
ELEMEN NILAI-NILAI GERAK |
||
Pada akhir fase
ini peserta didik dapat mengevaluasi sikap dan kebiasaan untuk menjadi
individu yang sehat, aktif, menyukai
tantangan dan cara menghadapinya secara positif dalam konteks aktivitas jasmani dengan
menunjukkan perilaku menghormati diri sendiri dan orang lain. |
||
SUB ELEMEN |
INDIKATOR ELEMEN NILAI-NILAI GERAK |
|
Menjelaskan hubungan antara kesehatan dan aktivitas fisik. |
Peserta didik mampu membandingkan besarnya keuntungan berbagai aktivitas fisik yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan. |
|
Menjelaskan bahwa tantangan dan keriangan akan muncul dari adanya aktivitas baru. |
Peserta didik mampu mengukur kemampuan diri terkait dengan kesenangan dan tantangan yang harus dihadapi. |
|
Memberikan alasan terhadap aktivitas jasmani untuk ekspresi diri dan interaksi sosial. |
Peserta didik mampu menganalisis bentuk bentuk aktivitas jasmani yang dapat dijadikan sebagai media untuk ekspresi diri dan interaksi sosial. |
|